Tuesday, March 15, 2011

I Want to Ride My Bicycle

Salah satu olah raga yang selain menyehatkan juga menyenangkan adalah bersepeda. Dengan bersepeda, otot-otot tubuh kita terutama tangan dan kaki bergerak, jantung pun memompa darah secara maksimal sehingga berefek jantung menjadi lebih kuat, ditambah lagi peredaran darah pun menjadi lebih lancar. Apalagi jika kita bersepeda pada pagi hari di tempat terbuka kala udara masih terasa segar untuk dihirup karena belum banyak kendaraan bermotor di jalan raya dan pabrik-pabrik di sekitar kita belum banyak yang beraktivitas mengepulkan asap pengotor atmosfir bumi. Sehat menyegarkan!

Kita bisa bersepeda bersama keluarga atau pun teman-teman, sepanjang perjalanan kita dapat melihat pemandangan di sekitar kita sambil berbincang-bincang. Sungguh kebersamaan yang sangat menyenangkan.

Apalagi jika kita mengikuti satu klub atau komunitas, kita bisa berkumpul dan pergi bersama-sama dengan teman-teman yang juga memiliki hobi yang sama, pastinya bersepeda menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain menambah kenalan, tentunya juga menambah wawasan dan pengalaman, bersepeda ke berbagai tempat yang menarik dan menantang. Atau pun bersepeda sambil melakukan aktivitas lain yang merupakan kesukaan kita, seperti sepakbola/futsal, mancing, fotografi, dan menikmati kuliner di sepanjang jalan yang kita tempuh.

Wuahh...dengan bersepeda benar-benar kita bisa menikmati hidup, sehat dan senang, seraya bisa selalu bersyukur kepada Sang Maha Pencipta.

sasha

Bersepeda di pagi hari yang segarrr.....

Bersepeda bisa kita jadikan hobi, tapi bisa juga kita jadikan kegiatan sehari-hari. Jadi tidak perlu seminggu sekali kita menggunakan sepeda yang kita miliki, namun bisa 3-4 kali, bahkan tiap hari. Untuk olahraga, sekedar pergi ke warung atau toko di dekat rumah, atau pun sehari-hari berangkat ke sekolah atau tempat kerja kita.
Di tengah kecenderungan penggunaan "saudara" sepeda, yang menggunakan mesin, alias sepeda motor yang kini menjadi penguasa di jalanan dan kian hari kian banyak (ada sekitar 6 juta sepeda motor diproduksi dan turun ke jalan setiap tahunnya di negara kita), bersepeda memberikan semangat yang berbeda. Bukan hanya memberikan kesehatan dan kepuasan bagi kita, lebih dari itu bersepeda juga turut memelihara lingkungan kita karena tidak ikut-ikutan menimbulkan polusi udara dan mengkonsumsi BBM yang jelas-jelas merusak atmosfir bumi ini.

Bersepeda menciptakan semangat hidup sehat dan semangat menyelamatkan bumi ini dari kerusakan yang lebih parah. Let's Get Healthy and Save Our Earth!

Alhamdulillah, sekarang banyak tumbuh komunitas penggemar sepeda di kota-kota besar di Indonesia, termasuk di Cikarang yang sedang tumbuh menjadi kota besar ini. Mulai dari penggemar sepeda tua nan antik alias onthel, sepeda gunung atau MTB (mountain bike) yang banyak disukai anak-anak muda dan bapak-bapak/ibu-ibu berjiwa muda, atau sepeda modifikasi yang bentuknya unik dan menarik perhatian, semuanya berkumpul membentuk komunitasnya masing-masing. Ada juga yang membentuk komunitas di tempat pekerjaannya, mengumpulkan para pekerja di perusahaan yang memiliki minat dan semangat yang sama, untuk memiliki dan menggunakan sepeda.

cikbar

Kegiatan bersepeda komunitas Cikarang Baru

Salah satu komunitas yang terkenal dan me-nasional adalah komunitas Bike To Work, yang menggagas ide untuk bersepeda ke kantor atau ke tempat kerja. Ide, gagasan dan semangat yang cukup sulit diwujudkan mengingat hingga sekarang orang sudah termanjakan oleh kendaraan bermotor...namun ide itu sudah menjadi gerakan nasional yang kini makin mengkristal dengan cabang komunitas itu di mana-mana. Satu gerakan yang harus didukung dan semangatnya patut kita tiru.

Kita bisa ikut dan juga bisa tidak ikut komunitas itu, atau kita bisa membentuk komunitas sendiri, yang terpenting adalah kita punya kesadaran bahwa kapan lagi kita hidup lebih sehat dan membuat bumi kita dapat lebih lama mendukung kehidupan kita, kalau tidak dimulai dari sekarang. Mari kita bersepeda...tidak usah jatuh gengsi atau pun merasa minder oleh teman-teman kita yang menggunakan kendaraan bermotor.

Alhamdulillah juga...di perusahaan kita tercinta, KMK, sudah berdiri komunitas penggemar sepeda. Digagas oleh beberapa rekan kita yang penuh semangat, Hendi QA dan kawan-kawan serta didukung oleh SPPT kita, komunitas yang terbentuk belum lama ini akan segera memulai kegiatannya dalam waktu dekat. Mungkin sebagai awalan, mereka akan menyelenggarakan kegiatan Bike to KMK 2 hari dalam seminggu. Diharapkan kegiatan Bike2KMK ini selain diikuti oleh anggota komunitas, juga oleh rekan-rekan karyawan lain yang memiliki sepeda di rumahnya. Menciptakan semangat hidup sehat di kalangan karyawan, yang juga bisa berefek ke semangat kerja di perusahan tempat kita bekerja ini. Semoga semangat ini menular ke rekan-rekan KMK yang lain, dan perlahan-lahan menular ke perusahan lain di Jababeka ini.

spedakmk

Deretan sepeda yang akan menjadi tunggangan para anggota komunitas sepeda KMK

Memang beberapa perusahaan sudah memiliki komunitas pesepeda, namun gerakannya belum terlalu terlihat dibandingkan dengan komunitas sepeda motor. Apakah rekan-rekan KMK bisa menjadi pelopor gerakan bersepeda di Jababeka ini? Jawabannya tergantung dari semangat para anggota komunitas ini, bagaimana menciptakan trend bersepeda di lingkungan sekitar perusahaan kita ini. Satu tantangan besar yang bisa diwujudkan dan patut didukung oleh siapa saja yang ingin hidup sehat dan tidak mau suatu saat kita harus membayar untuk mendapatkan "udara bersih" (seperti halnya air bersih yang zaman sekarang harus kita bayar untuk mendapatkannya).

cakram logo

Alat keselamatan yang utama dan identitas sementara komunitas

Satu kendala yang masih menghadang, yaitu pemerintah dan masyarakat kita belum peduli terhadap para pesepeda. Belum ada fasilitas dan jalur khusus di jalan raya yang disediakan untuk para pengendara sepeda, supaya para pengendara sepeda lebih aman perjalanannya. Kota masih tidak ramah bagi anggota masyarakat yang punya semangat hidup sehat dan menyelamatkan bumi ini, dengan resiko kecelakaan terhadap para pesepeda yang minoritas dan berada di antara kendaraan bermotor. Termasuk lingkungan kawasan industri tempat perusahaan kita berada. Konsekuensinya, kita dalam bersepeda harus selalu ekstra hati-hati dan senantiasa memperhatikan keadaan sekitar, serta selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi sepeda dengan alat-alat pengaman yang diperlukan termasuk juga pengendaranya.

Beruntung ada beberapa perumahan yang menyediakan jalur khusus sepeda, walaupun itu hanya terbatas untuk olahraga dan rekreasi, bukan untuk rute sehari-hari seperti dari perumahan ke tempat kerja dan sebaliknya.

Harapan kita ke depan, pemerintah dan pihak swasta pengelola kawasan perumahan serta industri bisa lebih peduli lagi, dengan menyediakan jalur khusus sepeda, menyediakan tempat parkir (misalnya di mal-mal atau kompleks pertokoan) dan pemberian subsidi bagi industri pembuat sepeda supaya harga sepeda bisa lebih terjangkau oleh masyarakat. Dan bukan memanjakan para pengendara kendaraan bermotor yang jelas-jelas merusak bumi ini.

jalspe

Jalur sepeda di perumahan Cikarang Baru

Yuk, kita bersepeda....sehat dan menyenangkan ! Dan kita turut menyelamatkan bumi kita tercinta ini.

Pada saat saya menulis ini, dari speaker komputer terdengar alunan musik serta vokal dari Freddie Mercury grup musik rock Queen yang pernah populer lebih dari dua dekade yang lalu.

"Bicycle... bicycle....
I want to ride my bicycle.... I want to ride my bike
I want to ride my bicycle
I want to ride it where I like

..... "

"Sepeda...sepeda...Saya ingin bersepeda...." (CP,  Mar 2011)

No comments:

Post a Comment